ROKAN HILIR | ARUSMALAKA.COM

Dalam gelar apel kesiapan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Roman Hilir (Rohil) yang di gelar di Taman Budaya Batu Enam Jl. Perkantoran Batu Enam Kep. Bagan Punak Meranti Kecamatan Bangko Kabupaten Rohil Riau Jum’at (10/7/2020) sekira pukul 14.00.Wib

Dalam kesempatan apel kesiagaan tersebut Korem 031 Brigjen TNI M. Syech Ismed SE M.Han, menyampaikan dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang akan dilakukan antara lain pengecekan kesiapsiagaan penanggulangan karhutla yang meliputi kendaraan, personil dan peralatan yang ada di Kabupaten Rohil.

Dilanjutkan demonstrasi alat pemadam kebakaran berupa sambunesia nozle dan peralatan milik BPBD Kabupaten Rohil dan pergelaran alat pemadam milik perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Rohil.

Dalam kesempatan ini Danrem 031 /Wirabima, Brigjen TNI M. Syech Ismed SE M.Han sangat apresiasi terhadap Rohil dan instansi terkait dalam hal jesiapsiagaan penanggulangan karhutla.

Danrem 031 / Wirabima juga Menyampaikan arahan dari Presiden RI Joko widodo tentang pengendalian kemarhutla antara lain ada 4 poin yakni

  1. Prioritas pencegahan patroli terpadu deteksi dini sehingga terpantau jika ada marhutla
  2. Khusus badan restirasi gambut agar melakukan penaataan ekosistim gambut.
  3. Segera mungkin padamkan api jika ada api, jangan sampai membesar.
  4. Penegakan hukum bagi pembakar hutan dan lahan dilakukan tanpa kompromi.

Korem 031 juga menyampaikan pesan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi SH SIK MSI yang isinya telah membuat terobosan yakni aplikasi dasboard lancang kuning nusantara yang saat ini sudah digunakan oleh 11 Polda rawan karhutla.

Aplikasi lancang kuning ini sudah terstruktur dan terukur dalam hal mendeteksi hotsopt karhutla dengan menggunakan 4 satelit antara lain TERRA, NOAA, LAPAN dan AQUA, namun dalam memverifikasi dilapangan tidak akan bejalan efektif tanpa tindak lanjut dari para petugas.

Dalam kegiatan apel kesiagaan tersebut yang dihadiri Danrem 031 / Wirabima Brigjen TNI M. Syech Ismed SE M.Han selaku pimpinan apel didampingi Bupati Rohil H Suyatno Amp serta Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiluddin.

Tampak juga hadir Kapolres Rohil. AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK Dandim 0321 Rohil. Letkol arh Agung Rahman wahyudi, SIP. Kajari Rohil. Gaos Wicaksono SH MH Ketua PN Rohil / mewakili Sonra Mukti Eluih SH Ka Lapas Bagansiapiapi Wahid Wibowo.

Diikuti juga Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator Kabupaten Rohil. PJU Polres Rohil dan Kapolsek jajaran Polres Rohil bersama Personil TNI : 3 Pleton Personil Polri : 1 Pleton BPBD : 1 Pleton Manggalan Agni KLHK : 1 Pleton PT. RUJ : 1 Pleton – Satpol PP : 1 Pleton

Demikian juga Para Camat se-Kabupaten Rohil ikutserta Ketua KPU Kabupaten Rohil bersama dokter dan perawat dari Puskesmas Bagansiapiapi, dan pimpinan perusahaan.

(Marihot)