LABURA | ARUSMALAKA.COM

Festival Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) tahun 2019 berlangsung khidmat. Festival ini mengambil tema Sungguh Alangkah Baik dan Indahnya Hidup Dalam Persaudaraan Yang Rukun. Jumat (15/11/2019) sekira pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai di Aula Ahmad Dewi Syukur Komplek Kantor Bupati Labura, Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labura.

Turut hadir dalam acara itu Wakil Bupati Labura, H. Dwi Prantara, Ketua DPRD Labura diwakili Boyke Simorangkir, KTU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Labura Asbin Pasaribu, Komisioner KPUD Labura James Ambarita, Ketua PGI Kabupaten Labura Pdt AS Manullang, Waka Polsek Kualuh Hulu Iptu D. Nainggolan, Wadanramil 01/ AK Kapten Arhanud DM Siregar, Ketua IPK Labura Hermanto Simalango, para Gembala Gereja dan peserta sebanyak 1.000 orang.

Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah Kabupaten Labura, Harold Hamonangan Sinaga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Labura yang telah mendukung acara ini dengan memberi bantuan sebesar Rp. 125.000.000, yang ditampung di APBD Tahun 2019.

“Acara ini merupakan yang pertama kali di Kabupaten Labura,” ucapnya.

Senada dikatakan Pdt Anggiat Saut Manullang mewakili Pimpinan Gereja, kami dari pimpinan gereja mengucapkan apresiasi kepada Ketua LPPD dan Ketua Panitia atas terselenggaranya acara ini, mari kita semarakkan acara ini, karena ini bukan perlombaan tapi merupakan pesta.

“Kami mohonkan kepada Pemda dan DPRD Labura agar setiap tahunnya acara ini dianggarkan di APBD”, paparnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Labura melalui KTU Asbin Pasaribu meminta maaf karena kegiatan ini tidak ada ditampung di Kementrian Agama. Kepada peserta, Selamat berpesta pada acara ini dan terimakasih kepada Pemkab yang telah memberi bantuan dan diharapkan agar ditahun depannya dapat dianggarkan di dalam APBD.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Labuh H. Dwi Prantara mengapreasiasi kepada LPPD dan Ketua Panitia yang telah menyelenggaraka acara PESPARAWI Kabupaten Labuhanbatu Utara. Kegiatan ini telah ditampung di APBD, dan untuk besarannya di tahun depan akan kami pertimbangkan lagi.

“Harapan kami kepada juri agar dapat objektif dalam penilainya sehingga pemenang pada acara ini dapat menjadi perwakilan di tingkat provinsi”, jelasnya.

Adapun acara yang diselenggarakan Ketua Panitia Tigor Pasaribu dan Sekretaris Timsar Sianipar dengan penanggung jawab Ketua LPPD Labuhanbatu Utara Harold Hamonangan Sinaga dan Sekretaris Sakri Marpaung, dimulai dengan Kebaktian pukul 09.00 WIB, dipimpin oleh Pdt. Tarigan dari Gereja GBKP dengan Khotbah diambil dari Kolose Pasal 3 ayat 16 yang intinya “Bernyanyi adalah Perintah Tuhan” dan pukul 09.50 Wib, kebaktian selesai.

Dilanjutkan pembukaan acara pada pukul 10.00 WIB, oleh Protokol dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, paduan suara, Doa oleh Pdt. FMA Rumapea, Laporan Ketua Panitia dan pukul 11.45 WIB, acara pembukaan selesai. Setelah break, pada pukul 12.00 WIB, pengenalan dan pembagian juri berdasarkan tempat, lalu makan siang bersama. Pada pukul 13.30 WIB, dimulai perlombaan yang dilaksanakan 3 (tiga) tempat yaitu untuk Kaum Ibu dan Bapak di Aula Ahmad Dewi Syukur Komplek Kantor Bupati Labuhanbatu Utara, untuk Remaja di GKPI Aek Kanopan Jl. M. Gazali Aek Kanopan dan anak – anak di Gereja Pentakosta Kampung Toba, selanjutnya Pengumuman Pemenang dan Pembagian Trofi / Hadiah, acara berjalan dengan aman dan lancar serta selesai pada pukul 18.30 WIB. (JM).