LABUHANBATU | ARUSMALAKA.COM

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), menggelar rapat paripurna pengumuman hasil penetapan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) terpilih di gedung legislatif setempat di Rantauprapat, Selasa (3/8/2021).

Rapat paripurna pengumuman hasil penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Labuhanbatu terpilih itu dipimpin Ketua DPRD, Hj Meika Riyanti Siregar SH, dihadiri seluruh anggota legislatif, sejumlah ketua dan pengurus partai politik (Parpol), unsur pimpinan daerah (Uspida), pemuka masyarakat, pemuka agama, serta para tamu undangan lainnya. 

Dalam kesempatan rapat paripurna tersebut, Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu, Hj Juraidah Harahap, membacakan pengumuman hasil penetapan Paslon Bupati dan Wabup terpilih pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 141/PHP.BUP-XIX/2021, sebagai tindak lanjut ketentuan Pasal 54 ayat (7) Peraturan KPU nomor 9 tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan KPU nomor 19 tahun 2020. 

Pengumuman hasil penetapan Paslon Bupati dan Wabup Labuhanbatu terpilih yang dibacakan Wakil Ketua DPRD, Hj Juraidah Harahap tersebut tertuang dalam surat keputusan nomor 170/909/DPRD/2021.

Sementara, Penjabat (Pj) Bupati Labuhanbatu, Mulyadi Simatupang, yang diwakili Sekdakab, Ir Muhammad Yusuf Siagian, dalam pidato sambutannya mengucapkan selamat kepada pasangan dr H Erik Adtrada Ritonga MKM dan Hj Ellya Rosa Siregar SPd MM (ERA) sebagai Bupati dan Wabup terpilih. 

“Kami mengucapkan selamat kepada pasangan ERA. Semoga pasangan Bupati dan Wabup terpilih ini dapat memimpin serta membawa Kabupaten Labuhanbatu semakin baik dan berjaya,” kata Ir Muhammad Yusuf Siagian. 

Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya juga disampaikan Sekdakab Labuhanbatu itu kepada pihak TNI – Polri yang telah berhasil menciptakan suasana kondusif sejak awal tahapan pelaksanaan Pilkada hingga penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. 

Sebelumnya, pada Minggu (1/8/2021) kemarin, rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu di Ballroom Hotel Permata Land Rantauprapat, telah menetapkan dr H Erik Adtrada Ritonga MKM dan Hj Ellya Rosa Siregar SPd MM (ERA) sebagai pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020.

Penetapan Paslon Bupati dan Wabup terpilih dalam Pilkada Kabupaten Labuhanbatu tahun 2020 pasca putusan MK nomor 141/PHP.BUP-XIX/2021 tersebut, tertuang dalam berita acara KPU Kabupaten Labuhanbatu, nomor 227/PL.03.7-BA/1210/KPU-Kab/VIII/2021.

(Dhedi Bas)