PADANGSIDIMPUAN | ARUSMALAKA.COM 

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Padangsidimpuan melalui Bidang Ketahanan Keluarga dan Kesejahteraan Keluarga melaksanakan kegiatan pelatihan tenaga pendamping kelompok bina keluarga, baru baru ini bertempat di aula DPPKB kota Padangsidimpuan diikuti oleh pengurus kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) se Kota Padangsidimpuan.

Program BKR yang diintegrasikan dalam program KB Nasional merupakan program strategis sebagai upaya untuk menekan jumlah pertumbuhan penduduk melalui pelaksanaan kegiatan BKR yang merupakan wadah kegiatan keluarga yang mempunyai remaja usia 10-24 tahun.

“Dengan kegiatan Gerakan BKR ini, diharapkan orang tua dan anggota keluarganya dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang remaja agar berperan dalam rangka peningkatan kesertaan, pembinaan dan kemandirian ber KB bagi anggota kelompok serta berkembangnya kegiatan BKR di setiap Desa/Kel,” ucap Kadis DPPKB Kota Padangsidimpuan, Maragongna Harahap, SH 

Dikatakan Maragongna Harahap, SH tujuan kegiatan bina keluarga adalah agar peserta pelatihan mendapat pengetahuan dan pemahaman tentang mekanisme kelompok bina kelurga remaja yang merupakan kelompok binaaan bidang ketahanan dan kesejahteraan keluarga DPPKB Kota Padangsidimpuan.

Materi yang disampaikan adalah program bangga kecana yang mengutamakan tupoksi tentang ketahanan keluarga. Mekanisme BKR dan program-program genre dan kegiatan serta genre ke depan.

(Saad Siregar)