Pegajahan, arusmalakanews

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Serdang Bedagai (Sergai) selenggarakan Penguatan Strategi Implementasi Kegiatan (SIK)  dan Dokumentasi Online Perpustakaan (DOP) Berbasis Inklusi Sosial, yang menghadirkan narasumber dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia M.Romli Ridwan, S.Sos bertempat di kantor Dinas Perpusip Komplek Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kec. Pegajahan, Selasa (23/7/2019).

M.Romli Ridwan, S.Sos memaparkan bahwa Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ” Literasi untuk Kesejahteraan” yang mempunyai tujuan terciptanya masyarakat sejahtera melalui transformasi perpustakaan berbasis sosial yang tujuan khususnya meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dan meningkatkan penggunaan layanan oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta membangun komitmen dan dukungan stakeholder untuk transformasi perpustakaan yang berkelanjutan.

Dia juga memaparkan tentang strategi transformasi perpustakaan antara lain untuk meningkatkan kualitas layanan informasi baik dari buku, komputer dan juga internal perpustakaan dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang menjadi kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya serta melakukan advokasi kepada pimpinan daerah, stakeholder terkait dan juga sektor Swasta untuk mendapatkan dukungan kebijakan beserta anggaran yang berkelanjutan untuk transformasi perpustakaan, katanya.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) Perpussip Kab. Sergai, Dra. Salmiah, MM pada sambutannya mengatakan bahwa Kab. Sergai yang dimekarkan dari Kab. Deli Serdang sesuai UU No 36 Tahun 2003 tentang pemekaran Kab. Sergai dan Kab. Samosir Provinsi Sumut memeliki 17 kecamataan dan 237 desa serta 6 kelurahan.

Salmiah merasa tersanjung karena Sergai diikutsertakan dalam Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dimana ada 6 desa dari 237 desa masuk dalam program ini. Menurutnya program ini sangat baik untuk merubah paradigma masyarakat bahwa perpustakaan selama ini hanya tempat membaca buku saja tetapi banyak manfaatnya karena ada pelibatan masyarakat didalamnya sehingga dapat meningkatkan perekonomian para masyarakat.

Selanjutnya Salmiah menyebut apa yang telah diperbuat oleh Tim Transformasi Kab. Sergai dimana selalu berkoordinasi dengan para Kepala Desa untuk terus melaksanakan program yang telah disusun oleh masing-masing pengelola Perpustakaan Desa, seperti melaksanakan pelatihan komputer yang telah dilakukan oleh Desa Rambung Sialang Tengah dan pelatihan Pengelasan oleh Desa Rambung Sialang Hulu, dengan begitu para Kades dan Pengelola Perpustakaan dapat memanfaatkan perkembangan dan program yang telah dijalankan untuk pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ini, ucapnya.

Tim Transformasi kabupaten juga telah melakukan pemasangan Instalasi jaringan untuk mendukung Program Aplikasi Inlislite dan Aplikasi Kunang-Kunang yang sedang dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di sebagian Perpustakaan Desa dan berharap semua Perpustakaan Desa akan terkoneksi dengan Perpustakaan Kabupaten Sergai, pungkas Salmiah.

Pada acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Amiruddin, Kabid Perpustakaan Harlinawati, S.Sos dan Kabid Arsip Dra. Erlina, Kasi Pembinaan dan Pengelolaan Iftek Ahmad, S.Pd serta Fasilitator Kabupaten Fifin Hidayat, SIP, Ricky Syahrizal, S.Sos, Muawiyah Widya Rahma, S.Sos, Yeyen Friday, SIP.

Hadir juga Kades Rambung Sialang Hulu Ahmad Roni Saragih, S.Pd.I, Kades Rambung Sialang Tengah Samidi, Kades Tanjung Buluh Irwan, Kades Tanjung Harap Ahmad Zain Nasution dan para pengelola Perpustakaan Desa.