TAPANULI  SELATAN | ARUSMALAKA.COM

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt. MM, mengharapkan dalam mengelola sebuah lembaga pendidikan, para pemangku kepentingan lebih bisa menyatukan pandangan dan tujuan.

Tujuan itu tak lain adalah demi kemajuan kualitas Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan (UGNP). Ketika semua sudah bergerak untuk kemajuan UGNP tentu setiap pemangku kepentingan akan bergerak ke arah yang sama.

Guna meningkatkan mutu pendidikan di UGNP, Bupati mendorong para dosen serta alumni UGNP untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pihaknya terus mendorong hal itu, agar lulusan UGNP menjadi alumni yang berkualitas. Baik korps alumni sendiri, mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di UGNP maupun calon mahasiswa, sehingga nantinya para alumni dan mahasiswa akan merasa bangga menjadi keluarga besar UGNP.

Hal itu disampaikan Bupati disela kunjungan kerja dengan pengurus Yayasan Darma Bakti Pendidikan Indonesia (YADPI), Rektorat, para Dekan, dan Senat UGNP, Kamis (23/9/2021) siang di Kota Padangsidimpuan.

Dikatakan Bupati, untuk mewujudkan hal itu, tentunya diperlukan keseriusan serta kerjasama semua pihak agar persoalan tersebut bisa diselesaikan satu per satu. Menurut Bupati, perencanaan keuangan dalam peningkatan kualitas UGNP, perlu ditindak lanjuti dengan konsentrasi penuh.

“Karena, semua yang hadir di sini pastinya menginginkan agar UGNP ini menjadi lebih baik. Mungkin saja ada perbedaan antara para pemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas UGNP. Tapi, untuk saat ini, mari sama-sama kita kesampingkan perbedaan tersebut, kita dahulukan kepentingan UGNP agar kualitas UGNP lebih maju lagi,” tegas Bupati.

“Kami yakin, jika semua pihak kompak niscaya UGNP yang sama-sama kita cintai ini menjadi lebih baik dan mampu bersaing dengan berbagai universitas ternama di Sumatera Utara, Pulau Sumatera bahkan lebih jauh Indonesia,” imbuh Bupati yang diamini seluruh civitas akademika UGNP.

Sebelumnya, Rektor UGNP, Drs Mohd Arifin, MPd, menyampaikan, untuk memastikan program kerja dalam rangka menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi, pihaknya telah melaksanakan identifikasi tentang akademik yang harus diselesaikan. Pihaknya juga rutin mengaudit yang menyangkut riwayat pendidikan mahasiswa.

“Semua itu dilakukan supaya tujuan visi misi UGNP bisa tercapai, meski di tengah dinamika perjalanan kebijakan tersebut, yang menimbulkan ketidaknyamanan bagi pihak yang tidak mendukung program itu,” ungkapnya.

Pihaknya juga meminta kepada Bupati Tapsel agar dapat memberikan ide untuk kemajuan UGNP. Pihaknya mengaku akan terus bersemangat dalam mewujudkan eksistensi demi keberlanjutan UGNP ke arah yang lebih baik dimasa mendatang.

Hal senada juga disampaikan Ketua YADPI UGNP, Roddani Hasibuan, BA. Roddani berharap, UGNP ke depan agar dapat benar-benar mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian ke masyarakat. Roddani juga meminta ke pihak Rektorat agar apa yang telah dicapai UGNP hari ini bisa dipertahankan dan bila perlu supaya lebih ditingkatkan.

(Saad Siregar)