SERDANG BEDAGAI | ARUSMALAKA.COM

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H Soekirman mengunjungi warga yang terkena musibah angin puting beliung di Kecamatan Perbaungan dan Pegajahan bersama Ketua DPRD Sergai Riski Ramadhan Hasibuan, Kapolres, Kajari, Danramil serta para Camat, Selasa (11/5/2020).

Selain melihat kondisi para korban, Bupati Soekirman juga memberikan bantuan sembako kepada korban yang rumahnya rusak akibat terjangan angin puting beliung.

Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang ratusan bangunan rumah milik warga di dua kecamatan yakni Perbaungan dan Pegajahan pada hari Senin (10/5/2020) malam sekitar pukul 20.00 WIB kemarin.

Di Desa Lubuk Bayas Kecamatan Perbaungan, Bupati Soekirman yang juga didampingi Kades Ruslizar merasa prihatin atas musibah tersebut. Soekirman berharap kepada semua korban dapat tabah dan sabar menghadapi musibah ini.

Pantauan awak media di lapangan peristiwa angin puting beliung juga menumbangkan pohon dan tiang listrik PLN sehingga aliran listrik terputus di Kecamatan Perbaungan.

Camat Perbaungan Drs. Benny Saragih saat dikonfirmasi oleh awak media mengatakan bahwa ada sekitar 183 rumah  rusak berat dan ringan diantaranya Desa Naga Lawan sebanyak 43 rumah, Desa Lubuk Bayas sebanyak 40 rumah, Desa Lubuk Rotan sebanyak 5 rumah, Desa Suka Jadi sebanyak 5 rumah, Desa Sei Sijenggi sebanyak 7 rumah bahkan merobohkan 1 tiang listrik dan 5 korban hingga saat ini masih dalam perawatan.

Dan di Desa Cinta Air sebanyak 1 rumah, Desa Lidah Tanah sebanyak 1 rumah, Desa Kota Galuh sebanyak 37 rumah, Desa Pematang Petatal sebanyak 2 rumah dan Desa Kesatuan sebanyak 9 rumah.

Sementara Kades Karang Anyar Kecamatan Pegajahan Mhd. Heri Sukandar mengatakan, bahwa untuk Kecamatan Pegajahan hanya di desanya yang tertimpa musibah angin puting beliung yang mengakibatkan 21 rumah mengalami rusak berat dan ringan.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sergai Ir. H Soekirman yang telah hadir beserta rombongannya sembari memberikan bantuan sembako.

Ditambahkan Kades, bahwa Camat Pegajahan Jurna Elvida juga datang memberikan bantuan sembako kepada para korban.

Kepala Badan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sergai Henry Suharto saat dikonfirmasi melalui  WhatsApp (WA) membenarkan bencana alam tersebut.

Dikatakannya, pihaknya sudah turun ke lokasi tersebut untuk melakukan pendataan.

(Dipa Syahbuana)