SERDANG BEDAGAI | ARUSMALAKA.COM

Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup), H Adlin Umar Yusri Tambunan mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021 secara virtual, Minggu (2/5/2021) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

Tampak hadir mengikuti upacara virtual itu Wakapolres Sergai Kompol Sofyan, Sekdakab Sergai HM Faisal Hasyrimi, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Plt Kadisdik Sergai Dingin Saragih, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sergai, Sekretaris Dewan Pendidikan Sergai Abdul Firman Kursin, Sekretaris Disdik Sergai Syafran Nasution beserta jajaran Disdik Sergai dari mulai Kabid, Kasi, Kasubag, Korwil dan Kepala Sekolah.

Upacara peringatan Hardiknas tahun 2021 dipimpin oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim bertempat di halaman Kantor Mendikbudristek, Senayan, Jakarta, Minggu (2/5/2021).

Dalam amanatnya, Nadiem Makarim menyebut ada empat upaya yang tengah dilakukan pihaknya untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.

Yang pertama jelasnya, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

Dikatakan Nadiem, seluruh upaya itu dirangkum dalam program Merdeka Belajar yang kini sudah mencapai episode kesepuluh serta terobosan-terobosan lain yang masih terus berjalan.

Menurut mantan bos Gojek itu, transformasi yang dikerjakan oleh kementeriannya itu agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan.

Terkait pandemi Covid-19, Nadiem mengaku ikut menghantam dunia pendidikan Indonesia. Namun dia meminta seluruh insan pendidikan untuk tidak boleh pesimis. Sebab menurutnya, akan ada hal bermakna yang diperoleh dari sebuah krisis yang terjadi.

“Pesimis adalah kesempatan kita menuai kemajuan. Saat ini, ada sebagian yang sudah menerapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas, ada juga yang tengah bersiap. Saya sangat bersemangat melihat masyarakat sadar bahwa kita harus terus bergerak maju,” ujarnya.

(A-02)