SERDANG BEDAGAI | ARUSMALAKA.COM

Dipandang telah berjasa dalam program pengembangan gerakan literasi, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM mendapat Anugerah Literasi dari Forum Masyarakat Literasi Indonesia (Formalindo).

Piagam anugerah itu diserahkan oleh Dewan Pembina Formalindo Erikson Pakpahan, Senin (25/11/2019) di aula SDN 104303 Kampung Ibus, Sei Rampah bertepatan dengan acara Launching dan Bedah Buku “Surat dari Medan (Merawat Budaya Literasi untuk Bangsa)” karangan Ir. H. Soekirman.

Dewan Pembina Formalindo Erikson Pakpahan menyebut, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dipandang telah berjasa di bidang pengembangan literasi di Sergai, sehingga pada tahun 2017 yang lalu Sergai terpilih sebagai kabupaten dengan Indeks Literasi Daerah (ILD) tertinggi se-Indonesia hasil penilaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Atas jasa beliau, kami memberikan Anugerah Literasi untuk kategori Kepala Daerah Peduli Literasi,” kata Erikson Pakpahan dihadapan ratusan peserta yang memadati aula sekolah itu.

Demikian halnya dengan Drs. Joni Walker Manik, MM. Kadisdik Sergai itu dipandang berjasa dalam bidang pengembangan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). “Seluruh sekolah di Sergai kami lihat sudah menerapkan GLS dengan sangat baik. Ini salah satu item yang dinilai Kemendikbud dalam ILD,” ungkap Erikson Pakpahan.

“Oleh karenanya, kami menganugerahkan kepada beliau sebagai Kepala Dinas Peduli Literasi,” timpal pria kelahiran Tapanuli Utara itu.

Ditambahkan Erikson, Formalindo memberikan apresiasi dan penghargaan dengan tajuk Anugerah Literasi kepada pihak-pihak yang berjasa dalam program pengembangan literasi di seluruh Indonesia.

Usai pemberian acara, Kadisdik Sergai yang dikonfirmasi arusmalaka.com mengatakan bahwa pihaknya merasa bersyukur dan berterimakasih atas Anugerah Literasi yang diperolehnya.

“Kami sangat bersyukur atas anugerah ini. Terimakasih kepada Formalindo dan jajaran Dinas Pendidikan Sergai. Anugerah Litetasi ini saya dedikasikan untuk mereka (keluarga besar Disdik Sergai-red). Kiranya Anugerah Literasi ini menjadi tenaga baru buat kita untuk semakin menggerakkan program literasi di Sergai,” katanya.

Tampak hadir pada kegiatan itu Anggota Kelompok Ahli DPR-RI Wahyudi, Wakil Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Forkopimda Sergai, Kabid Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpusip Provinsi Sumut Elly Hayati, Sekdakab Sergai H.M. Faisal Hasyrimi, Kepala Cabdis Sei Rampah Drs. Yeddy Effendi Sipayung, M.Pd, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sergai, Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan, S.IP, Ketua Formalindo Abdul Firman, S.Pd., M.Si, Ketua FKUB Drs. H.M. Irfan El Fuadi Lubis, pengurus Yayasan BITRA Indonesia Job R. Purba, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan Partai Politik, Kepala Sekolah, dan masyarakat umum lainnya. (A-01).