LABUHANBATU | ARUSMALAKA.COM

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Erni Aryanti SH, MKn, dalam kesempatan waktu resesnya bersama-sama dengan Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Labuhanbatu melaksanakan kegiatan sosialisasi bahaya penyalah-gunaan narkotika dan obat-obatan (Narkoba) serta penanggulangannya, Senin (28/6/2021). 

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Nasional, Jalan Jenderal Ahmad Yani Rantauprapat tersebut, sekaligus dirangkai juga dengan acara sosialisasi peraturan gubernur (Pergub) Sumut, nomor 01 tahun 2019 tentang fasilitas pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif.

Dalam pemaparannya, Kasat Reserse Narkoba Polres Labuhanbatu, AKP Martualesi Sitepu, mengatakan, generasi muda hendaknya janganlah sampai terlibat dalam hal penyalah-gunaan Narkoba. 

“Ketika kamu nanti mendapatkan pasangan hidup, dan jika suamimu adalah pecandu Narkoba, maka akan menjadi penyesalan bagimu seumur hidup. Begitu juga ketika kamu adalah seorang anak muda yang menjadi pecandu Narkoba. Maka, penyesalan seumur hidup bagi orangtua yang melahirkan kita, sebab memiliki anak yang tak berguna dan hanya menyusahkan keluarga saja,” kata AKP Martualesi Sitepu. 

Karena itu, lanjutnya, sangat diharapkan agar generasi muda jangan salah dalam pergaulan, jangan salah menyikapi dan mengelola stres sehingga mengarah kepada hal-hal yang negatif.

“Tetaplah dekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan ajaran agama yang dianut. Patuhi nasehat orangtua. Biasanya penyesalan selalu datang terlambat. Buanglah pemikiran kalau tidak pakai inex (ekstasi) dibilang ketinggalan zaman. Anak muda yang mengkonsumsi inex adalah perbuatan yang diibaratkan sebagai jembatan menuju kehancuran,” ucap Kasat Reserse Narkoba Polres Labuhanbatu itu. 

Sementara, dalam kesempatan kegiatan sosialisasi tersebut, anggota DPRD Sumut, Erni Aryanti, yang juga adalah saudari kandung Bupati Labuhanbatu Utara (Labura), Hendriyanto Sitorus itu, mengapresiasi kinerja Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, dan jajarannya yang sudah banyak mengungkap kasus peredaran narkotika di Labuhanbatu Raya (Kabupaten Labuhanbatu, Labura, dan Labusel). 

“Mari kita dukung Polres Labuhanbatu dan jajarannya dalam memberantas Narkoba. Setidak-tidaknya kita dan keluarga kita masing-masing jangan sampai terlibat dengan barang haram tersebut dengan menjadi pecandu Narkoba,” kata putri kandung mantan Bupati Labura, H Kharuddin Syah Sitorus itu. 

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti sekitar 150 Mahasiswa yang terdiri dari anggota Rumah Pemimpin Muda (RPM), perwakilan Mahasiswa Universitas Islam Labuhanbatu (Unisla), dan Mahasiswa dari sejumlah sekolah tinggi Yayasan Universitas Labuhanbatu (YULB). Acara sosialisasi itu diakhiri dengan deklarasi “Bersama Kita Tolak Narkoba”. 

(Dhedi Bas & Julius Marbun)