MEDAN | ARUSMALAKA.COM

Suhu politik menjelang gelaran Musyawarah Wilayah (Muswil) VIII PPP Sumatera Utara (Sumut) yang akan dilaksanakan pada 28-29 Mei 2021 mendatang semakin memanas.

Berbagai upaya bahkan trik tertentu dilakukan oleh masing-masing calon ketua maupun tim suksesnya untuk mendapatkan dukungan dari para pemilik suara khususnya DPC kabupaten dan kota.

Teranyar adalah adanya isu dari oknum tim sukses salah satu calon yang diduga mengklaim telah mendapatkan dukungan tertulis dari sejumlah DPC. Klaim itu diduga dijadikan alat untuk mempengaruhi sejumlah DPC di Kepulauan Nias.

Sejumlah DPC yang disebut-sebut telah diklaim itu adalah DPC Kota Tebing Tinggi dan DPC Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPC PPP Kota Tebing Tinggi, Syahbuddin Abduh Hasibuan kepada arusmalaka.com melalui sambungan telepon, Sabtu (22/5/2021) sore WIB menyatakan membantah klaim tersebut.

Dia mengatakan, bahwa klaim itu adalah tidak benar dan merupakan kebohongan yang nyata.

“Jika ada oknum atau kelompok yang mengklaim bahwa mereka juga telah memegang dukungan yang serupa, maka kami atas nama pimpinan DPC PPP Kota Tebing Tinggi menyatakan bahwa itu adalah kebohongan yang nyata,” kata Abduh yang didampingi Sekretaris Agus Muslim Ray.

Abduh menegaskan, pihaknya hanya memberikan dukungan tertulis kepada Jafaruddin Harahap untuk menjadi Ketua DPW PPP Sumut pada Muswil VIII PPP Sumut mendatang.

Politisi muda itu juga mempersilahkan kepada pihak-pihak terkait untuk langsung menghubungi mereka bilamana ada keraguan terkait dukungan DPC PPP Kota Tebing Tinggi di Muswil VIII nanti.

“Mohon agar kiranya apabila ada keraguan dalam menanggapi persoalan ini, silahkan langsung menghubungi kami,” tegasnya.

Di tempat terpisah, Ketua DPC PPP Sergai, Sugiatik menyatakan, bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat dukungan kepada siapapun kecuali kepada Jafaruddin Harahap.

Anggota DPRD Sergai itu juga menegaskan, bahwa pihaknya komit mendukung Jafaruddin Harahap di Muswil VIII nanti.

Sementara itu Sekretaris DPC PPP Sergai, Abdul Firman Kursin mengungkapkan, bahwa pihaknya saat ini tengah mempelajari dan mengumpulkan alat bukti klaim dukungan tersebut.

Dia mengaku tidak menutup kemungkinan akan menempuh jalur hukum bila ditemukan bukti pemalsuan surat dukungan itu.

Firman juga menghimbau kepada seluruh kandidat untuk memberikan keteladanan dan melakukan cara-cara santun dalam suksesi kepemimpinan DPW PPP Sumut.

“Siapapun yang berkeinginan maju silahkan, karena itu merupakan hak konstitusional selaku kader partai, tetapi prinsip keteladanan dan upaya-upaya santun tetap harus dikedepankan,” tandasnya.

(A-02)