ROKAN HILIR | ARUSMALAKA.COM

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Rokan Hilir (Rohil) melakukan pra penyekatan kendaraan pemudik di perbatasan Riau-Sumut. Penyekatan ini ditujukan kepada kendaraan roda empat yang berasal dari luar Kabupaten Rohil.

Giat ini dipimpin oleh Kasat Lantas Polres Rohil AKP David Richardo SIK didampingi KBO Lantas Iptu Muksin Siregar SH dan para Kanit Lantas serta sejumlah personil Satlantas Polres Rohil.

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK melalui Kasat Lantas Polres Rohil AKP David Richardo SIK mengatakan, bahwa penyekatan ini adalah pra peniadaan mudik lebaran 2021. Penyekatan tersebut digelar setelah adanya perubahan aturan baru soal pelarangan mudik 2021 dari pemerintah pusat melalui adendum Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021.

“Kami melakukan penyekatan ini sesuai arahan dari pemerintah pusat, bahwa yang awalnya penyekatan dilakukan bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) selama H-14 peniadaan mudik yang kini dimajukan dari 22 April 2021 sampai 5 Mei 2021,” ucap David.

David menyebut, bahwa pihaknya akan terus melaksanakan giat penyekatan pra peniadaan mudik. “Kita akan putar-balikkan bagi para penumpang maupun pengendara yang tidak melengkapi hasil pemeriksaan rapid test selama 1×24 jam, baik yang akan masuk maupun keluar di pos penyekatan perbatasan Riau – Sumut,” tegasnya.

Diungkapkannya, bahwa hari ini sebanyak 105 kendaraan roda empat dilakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan tersebut sebanyak 53 kendaraan roda empat terpaksa memutar-balik, karena tidak bisa menunjukkan surat hasil swab antigen dan tidak mau melakukan swab gratis yang telah disediakan oleh petugas.

“Disini juga dapat kita tambahkan setiap malam kita tingkatkan giat rutin, personil Polres Rohil akan selalu berpatroli untuk mengurangi tindak kejahatan menjelang Lebaran serta menghimbau agar selalu patuhi Prokes,” pungkasnya.

(Honis Antoni)