TEBING TINGGI | ARUSMALAKA.COM

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Tebing Tinggi, Abdul Firman, S.Pd., M.Si mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) setempat yang telah memfasilitasi pelaksanaan sholat ied di beberapa lokasi bagi umat Islam Kota Tebing Tinggi yang meyakini bahwa 1 Syawal 1444 H jatuh pada tanggal 21 April 2023.

Hal ini disampaikan Firman saat dijumpai awak media ini di kediamannya di Komplek Perumahan Griya Prima BP7 Kelurahan Tanjung Marulak Kecamatan Rambutan, Kota Tebing Tinggi, Jumat (21/4/2023) pagi WIB.

Firman meyakini, bahwa umat Islam Kota Tebing Tinggi yang meyakini bahwa Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari ini bukan hanya warga Muhammadiyah saja, namun dari berbagai kalangan umat Islam lainnya juga banyak. Oleh karenanya, pelaksanaan sholat ied yang difasilitasi PDM Kota Tebing Tinggi sangat bermanfaat bagi mereka.

“Saya yakin, bahwa umat Islam Tebing (Tinggi) yang berlebaran hari ini bukan hanya warga Muhammadiyah saja, tapi kalangan umat Islam lainnya juga banyak, sehingga kegiatan sholat ied yang dilaksanakan PDM Kota Tebing Tinggi menjadi fasilitas ibadah bagi saudara-saudara kita itu,” kata Firman.

Terkait perbedaan waktu lebaran tahun ini, politisi partai berlambang Ka’bah itu mengungkapkan, bahwa perbedaan yang ada justeru semakin mempertegas Islam sebagai agama yang agung, rasional dan sejalan dengan perkembangan zaman.

“Penentuan kapan jatuhnya 1 Syawal dalam syariat Islam baik melalui metode hisab maupun rukyah yang diajarkan Nabi Muhammad, mengandung nilai-nilai keagungan agama ini, ada proses tarbiyah didalamnya sehingga hasil dari kedua metode itu bisa dirasionalisasi oleh akal maupun perkembangan zaman,” imbuhnya.

Oleh karenanya menurut Firman, keagungan Islam ini jangan dirusak dengan mempertajam perbedaan yang ada. Namun sejatinya dijadikan momentum untuk mengembalikan kekuatan umat Islam khususnya di daerah yang berjuluk “Kota Lemang” itu.

Di akhir perbincangan, atas nama pribadi dan DPC PPP Kota Tebing Tinggi, Firman mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1444 H kepada seluruh umat Islam Kota Tebing Tinggi.

(Tim)